Posted by : Unknown Kamis, 06 Juni 2013

Kata Samurai pasti sudah tidak asing lagi bagi kita, sebutan ini begitu tersohor keberbagai balahan dunia, dan samurai sangat identik dengan seorang pendekar yang membawa pedang dari Jepang.
Samurai adalah istilah untuk perwira militer elit sebelum zaman industrialisasi di Jepang. Kata "samurai" berasal dari kata kerja "Samorau" atau "Saburau" dalam bahasa Jepang kuno yang berarti "Melayani", dalam istilahnya orang yang bekerja sebagai pelayan untuk melindungi sang majikan (Daimyo).



Sebutan lainnya pada zaman Edo yaitu "Bushi" atau arti harfiahnya "orang yang bersenjata", namun sebutan samurai lebih populer. Sebutan samurai hanya ditujukan untuk prajurit elit dari kalangan bangsawan, bukan untuk Ashigaru (prajurit berjalan kaki), dan samurai yang bertugas di wilayah Han disebut "Hanshi". Samurai yang tidak terikat dengan clan atau Daimyo (majikan) disebut "Ronin" (arti harfiah : orang ombak).

Berikut adalah 7 Pendekar Samurai Legendaris Terhebat Sepanjang Sejarah :
1. Miyamoto Musashi

Miyamoto Musashi
Seorang samurai yang hidup di zaman Edo (akhir abad 17), yang kemudian menjadi pengembara selama bertahun-tahun untuk menjadi pendekar pedang terhebat di Jepang. Dia menciptakan "Nitouryu" yaitu teknik bertarung dengan dua pedang, dia banyak menulis tentang teknik bertarung, dan menulis tentang semangat seorang pendekar dalam bukunya yang berjudul "Gorinsho".
Dalam perjalanannya, Musashi mengembara hingga daratan China dan Korea. Musashi adalah seorang pendekar hebat yang tidak pernah terkalahkan dalam 60 kali pertarungan menantang pendekar ternama dan hebat, rival utama Musashi yang terkenal yaitu Sasaki Kojiro. Pertarungan mereka berdua disebut-sebut pertarungan terhebat sepanjang sejarah samurai, duel tersebut terkenal dengan sebutan "Ganryujima" (duel dari pulau Ganryu), Musashi berhasil mengalahkan dan membunuh Kojiro.
Kisah perjalanan hidup Musashi pernah dinovelkan, yang kemudian dibuat ulang dalam bentuk manga yang berjudul "Vagabond" oleh Takehiko Inoue (pengarang manga "Slam Dunk").

2. Sasaki Kojiro
Sasaki Kojiro
Samurai   yang  hidup  satu  zaman  dengan      Miyamoto Musashi, nama besarnya   selalu   dibayang - bayangi oleh    Musashi.
Kojiro termasuk   samurai berbakat,   teknik dan jurus-jurus pedangnya terus ia   kembangkan, dan teknik pedangnya yang terkenal yaitu "Swallow Terbang".
Dengan     menggunakan      katana yang bernama "Tsubamegaeshi" (katana dengan ukuran    panjang    seperti   tiang jemuran pakaian atau sekitar 120-130 cm) menjadi ciri  khasnya,    sehingga harus dia pikul ketika membawanya (mirip "Sano" dalam manga "Samurai-X").
Kojiro melayani tuannya seorang  Daimyo bernama Hosogawa Tadaoki yang tewas oleh Musashi dalam pertarungan Ganryujima".






3. Hattori Hanzo
Hattori Hanzo
Lahir sekitar 1540-an dari clan Iga. Dia seorang samurai yang memutuskan diri menjadi ninja, dia mengembangkan clannya dan mengajarkan teknik-teknik ninja. Dia bekerja untuk keluarga Tokugawa, dan mengantarkan Tokugawa sukses menjadi Shogun.
Hattori Hanzo meninggal pada tahun 1596 saat usianya 55 tahun dengan kematian yang alami. Namun, versi lain juga berkembang bahwa Hanzo tewas oleh musuh bebuyutannya dari clan Fuma yaitu Fuma Kotaro dalam sebuah pertarungan.


4. Sarutobi Sasuke
Sarutobi Sasuke
Sekitar tahun 1600-an, dia adalah salah satu ninja ternama dari clan Koga. Karena ayahnya angkatnya melayani keluarga Sanada, ia juga melayani Sanada Yukimura yang kemudian terkenal sebagai salah satu anggota Sanada Juyushi (kisahnya diangkat dalam manga "Samurai Deeper Kyo") . Mempunyai rival bernama Kirigakure Saizo seorang ninja dari clan Iga. Menurut kisah yang beredar Sasuke tewas dalam peristiwa "Osaka Natsu No Jin" (pertempuran Osaka di musim panas), ia terdeteksi oleh penjaga istana saat melakukan spionase. Dia sempat melarikan diri, namun naas kakinya terkena perangkap beruang dan membuatnya terpaksa untuk menebas kakinya sendiri. Sasuke akhirnya terpojok, dan memilih melakukan Harakiri dari pada ditangkap.

5. Hijikata Toshizo
Hijikata Toshizo
Pendekar   samurai   dari Tennenrishinryu   (metode pedang Tennenrishin),   jabatannya wakil   ketua pasukan    Shinsengumi   di zaman restorasi    Tokugawa.
Dia adalah   teman baik   dari Kondo Isami sejak dari kecil, persahabatan   mereka tidak pernah   berubah  sepanjang   hidup mereka.
Setelah   kematian   Kondo, dalam berbagai   pertempuran  ia tidak pernah menyerah.   Ketika kalah   dalam pertempuran   penentuan di Hokkaido, ia berhasil   selamat dari kepungan   musuhnya dengan berpura-pura mati.   Dia akhirnya  meninggal krena luka yang dideritanya,   saat itu ia berusia 34 tahun.
Selain   memiliki jabatan   sebagi wakil pasukan, Toshizo juga masih muda dan   tampan    sehingga banyak   wanita jatuh cinta padanya bahkan dikabarkan dia berhubungan dengan sesama jenis.



6. Souji Okita
Souji Okita
Sama    seperti Toshizo,   Okita juga   seorang samurai dari Tennenrishinryu.  Dia adalah   kapten unit ke-1 dari   kelompok Shinsengumi.
Usia  15 tahun   dia  sudah   menjadi    anggota    pasukan Shinsengumi,   karena   dia   sangat berbakat   dan  pintar   lambat laun    dia   dipercaya menjadi      pimpinan unit pasukan.
Namun  Okita meninggal muda,  saat  itu ia   berumur  sekitar 25 tahun karena mengidap penyakit TBC.









7. Kondo Isami
Kondo Isami
Sahabat    kecil    dari    Hijikata Toshizo,  seorang samurai yang    ikut    berhasil    menyukseskan kelompok Tennenrishinryu.
Jabatannya   sebagai   kepala pasukan   Shinsengumi di era restorasi,   dia terkenal    sangat    tangguh dengan   semangat loyalitas   yang    tinggi    pada    kelompoknya.
Isami   menolak penjatuhan  keshogunan  Tokugawa sampai saat akhir,  oleh   pemerintahan   restorasi   ia     dianggap memberontak   dan    terjadilah   peperangan.  Pada peperangan tersebut,   pasukan   Shinsengumi terdesak dan Isami akhirnya tertangkap dan dihukum pancung.
Kisah peperangan ini diangkat kedalam manga Samurai-X.

{ 3 komentar... read them below or Comment }

  1. samurai pasukan terhebat dalam sejarahhh !!!! daebakkk !!

    BalasHapus
  2. Samurai emg pasukan terhebat dalam sejarahhh...

    BalasHapus
  3. tulisannya agak ganggu yang di font .

    nice artikel

    BalasHapus

- Copyright © 2013 Moch Hasan Slamert - Shingeki No Kyojin - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -